7 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Paling Awet Dibawa Pulang

Sebagai Kota Pahlawan Surabaya juga memiliki wisata kuliner yang menarik. Bahkan beberapa di antaranya bisa dijadikan oleh-oleh khas surat yang paling awet dan mudah untuk disimpan dalam waktu lama.

Sayang sekali Jika ke Surabaya tapi tidak membawa buah tangan khas ibukota dari Jawa Timur ini. Berikut adalah 7 oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk menyenangkan keluarga di rumah.

  1. Almond Crispy

Almond crispy menyasar pasar menengah ke atas.Namun, Oleh oleh khas Surabaya ini banyak dicari di berbagai daerah termasuk di kota Bandung. Camilan yang bisa dinikmati pada sore hari ini memiliki berbagai rasa yaitu antaranya green tea, coklat dan original cheese.

Oleh-oleh khas Surabaya ini terbuat dari campuran keju, susu bubuk, gula, tepung telur dan juga tak lupa adalah almond sebagai taburan di atasnya. Taburan almond inilah yang menjadikan Almond Crispy sangat digemari oleh wisatawan.

Jika ingin merasakan berbagai macam kuliner khas Surabaya sekaligus berbelanja oleh-olehnya, ada baiknya kamu mencari hotel di Surabaya yang dekat dengan Sentra oleh-oleh.

  1. Sambal udang Ibu Rudy

Bagi yang suka pedas oleh-oleh sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Sambal udang Bu Rudy sering sekali Mengikuti berbagai pameran makanan. Jangan heran jika stand pameran nya selalu ramai.

Sambal udang biasanya sudah di dalam kemasan. Bahkan kini tersedia beberapa varian produk lainnya bukan hanya sambal udang nya saja. Wisatawan bisa membelinya di daerah Dharmahusada Surabaya. Aneka jenis sambal bisa dibawa pulang dengan cita rasa yang khas.

  1. Kue Lapis Spikoe

Kue lapis ini sudah sejak lama menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Surabaya. Meskipun Panda pengembangannya kuliner ini pernah mengalami masa suram namun kembali percaya pada tahun 2002.

Kue lapis ini selalu menjadi incaran para wisatawan terutama pada saat libur lebaran Natal dan juga saat perayaan hari besar warga Tionghoa seperti Imlek. Rasanya sangat lembut manis dan juga memiliki varian rasa yaitu kuning coklat.

  1. Kerupuk ikan Kenjeran

    Pantai Kenjeran Surabaya bukan hanya dikenal sebagai tempat wisata favorit keluarga, melainkan juga tempat mendapatkan oleh-oleh surabaya ya ini kerupuk ikan Kenjeran.

    Kerupuk ikan Kenjeran sangat beraneka ragam yang berasal dari berbagai olahan laut. Bukan hanya kerupuk ikan saja yang bisa wisata mendapatkan melainkan juga ada olahan lain seperti kerupuk rumput laut siapa kerupuk yang berbahan dasar kerang. Harganya sangat murah bisa dijual eceran ataupun secara grosiran.

  1. Abon Sapi Padmosusastro

    Kuliner rumahan ini memang memiliki cita rasa yang khas berbeda dengan olahan abon lainnya dari pabrik. Abonnya lembut dengan cita rasa daging sapi yang sangat kental.

    Seperti namanya abon sapi padmosusastro, wisatawan bisa mendapatkan Abon sapi enak ini di Jalan Padmosusastro, Surabaya. Uniknya Abang ini memiliki 2 cita rasa yang khas bagi pecinta pedas atau wisatawan yang suka dengan rasa original. Oleh-oleh khas Surabaya ini tahan lama yang cocok untuk oleh-oleh anak kos.

  1. Sirup Mangrove

Siapa yang sangka jika mangrove atau bakau bisa diolah menjadi sirup yang manis dan juga menyegarkan. Kuliner khas pesisir pantai ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Sirup mangrove memiliki rasa manis dan juga ada yang memiliki rasa asam. Selain menjadi minuman segar sirup mangrove juga memiliki khasiat sebagai imun tubuh karena kaya akan vitamin C.

Harga sirup mangrove berbotol sangat murah berkisar antara Rp30.000 hingga Rp40.000. Kemasannya mulai dari kemasan 300ml hingga kemasan yang lebih besar.

  1. Bandeng Asap

Bandeng asap termasuk oleh-oleh kuliner khas Surabaya. Meskipun biasanya bandeng asap yang cukup terkenal berasal dari Manado atau daerah Sulawesi.

Bandeng asap diolah dengan cara diasinkan kemudian dipanggang dengan asap panas. Dengan cara tersebut bandeng asap mampu menjaga cita rasa ikannya dan juga tahan lama.

Bandeng asap biasanya dijajakan di beberapa warung kuliner yang menjual oleh oleh-oleh Surabaya. Bandeng asap biasanya digantung kemudian siap dikemas untuk dibawa pulang.

Surabaya memang bukan hanya sebagai Kota Pahlawan. Tetapi juga dikenal sebagai kota yang menjajakan berbagai macam kuliner khas. Cita rasa masakan di Surabaya sangat berbeda dengan masakan di Jawa Barat ataupun Jawa Tengah yang cenderung manis. Cita rasa masakan Jawa Timur cenderung sedikit lebih asin juga lebih banyak menggunakan bumbu terasi udang.

Tak banyak oleh-oleh Surabaya yang awet tahan lama. Jadi bagi wisatawan yang memang Hendak membawa oleh-oleh kebaya sebaiknya lebih selektif karena tidak semua oleh-oleh memiliki batas waktu konsumsi yang sangat panjang.

Jika ingin mencari rekomendasi hotel terbaik di Surabaya kamu bisa melihat fasilitas Hotel Crown Surabaya lewat reservasi.com yang menawarkan harga hotel terbaik.

About: eddye


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *